Ultimate Class: Desain Hidup Muslimah 2021 Bersama Rusna Meswari

 



Ultimate Class: Desain Hidup Muslimah 2021 Bersama Rusna Meswari


Setelah selesai mengikuti Reflection Journal Class, saya melanjutkan kelas berikutnya. Ultimate Class: Desain Hidup Muslimah 2021. Kelas ini diadakan oleh Bridetalk Id dengan Naminauna Institute dengan pemateri Mba Rusna Meswari (yang juga pemateri pada Reflection Journal Class) dan Mba Anggun Kurniasari.

Kelas ini berlangsung selama dua bulan, dari 10 Januari - 27 Februari 2021. Sebanyak delapan kali pertemuan. Empat kali pada bulan Januari bersama Mba Una dan empat kalo pada bulan Februari bersama Mba Una.

Kelas yang Terasa Personal dan Intimate

Alasan saya mau mengikuti kelas lanjutan bersama Mba Una dan Mba Anggun karena materi diberikan dengan cara yang santai, mudah dimengerti, namun begitu memahami kondisi. Sehingga, tidak terasa jauh gap antara mentor dan mentee. Seolah, hmm.. bukan seolah tapi memang yang dibahas base on pengalaman Mba Una dan Mba Anggun sendiri. Jadi, berasa aplikatif materinya. 



Materi pertama mengarahkan saya untuk memilih 1-4 dari 8 area kehidupan yang akan difokuskan pada tahun ini. Mba Una menyebutnya dengan Area Fokus. Lalu, masing-masing area fokus dilakukan braindump. Dengan menuliskan segala sesuatu yang ingin dicapai pada masing-masing area fokus. Langkah terakhir adalah melakukan brainstorming dari hasil braindump tadi. Mana yang bentuknya event, mana yang rutinitas, mana yang bisa didelegasikan, mana yang harus kita sendiri yang mengerjakan. 


Pekan kedua materi yang diberikan adalah Your Goals dan Making Choice. Masih melanjutkan dari area fokus tadi. Kali ini semakin diperdalam. Dan bagi peserta yang masih memiliki banyak pilihan setelah brainstorming pekan sebelumnya, diberikan kriteria-kriteria untuk memudahkan dalam penentuan yang kemudian dibuat skala prioritasnya.


Memasuki pekan ketiga, pembahasan semakin mendetail. Kali ini, dari 1-4 area kehidupan yang dipilih masing-masing area diminta untuk hanya menentuka satu tujuan. Tujuan ini kemudian dibuat terperinci dengan metode SMART (Specific, Measureable, Achievable, Relevant dan Time-Bond). Intinya goal itu harus terukur dan jelas. Contohnya: mau turun berat bada, aka beraka kilo turunnya harus ditulis. Mba Una menyebut ini sebagai Smart Goals. Untuk melengkapi, masing-masing smart goals ditentukan apa resource dan hambatannya. Baik secara internal maupun eksternal.



Dari pekan pertama sampai pekan ketiga, jika peserta melakukan setiap tugasnya maka akan didapati tujuan sudah semakin mengerucut dan langkah-langkah untuk mencapainya sudah semakin jelas. Sehingga, pada pekan terakhir yang membahas Goal Dashboard apa yang telah dikerjakan tinggal dimasukkan dalam template goal dashboard tersebut.


Sejak akhir tahun lalu sebenarnya saya sudah memikirkan apa saja goals saya untuk 2021. Termasuk langkah-langkah untuk mencapainya, kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan, bagaimana mengevaluasinya. Bahkan, sudah ada yang saya buat tracker-nya sejak awal tahun. 


Goals-nya memang sudah cukup matang. Yang belum dilakukaan adalah membuatnya terstruktur seperti dalam goal dashboard sehingga saya punya dokumentasi yang baik di mana kapan pun saya butuh check in kembali baik untuk melihat progres ataupun melakukan penyesuaian dapat dilakukan dengan mudah. 


Dari Ultimate Class: Desain Hidup Muslimah 2021 bersama Mba Una saya belajar di mana dalam menentukan tujuan atau resolusi maka terlebih dahulu kita perlu jujur dengan kondisi diri sendiri. Menerima dengan lapang dada dan kemudian lakukan perubahan. 


Nantikan kelanutan dari kelas ini bersama Mba Anggun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages