Apa Itu Bullet Journal?

 


APA ITU BULLET JOURNAL?

Bullet Journal atau yang biasa disingkat BuJo adalah metode sistem perencanaan yang dikembangkan oleh Ryder Carroll pada tahun 2013. Berbeda dengan saat ini di mana segala hal berubah mendadak digital, bullet journal dilakukan secara analog dengan buku dan pulpen. Walaupun pada kenyataannya tim dari Ryder Carroll kini menyediakan aplikasi berbayar bullet journal di apps store.

Penamaan bullet journal ini sendiri dikaitkan dengan penggunaan "bullet numbering" dan ada juga yang mengakatan karena kertas yang digunakan berbentuk dot (dotted page) dari pada garis seperti kebanyakan buku. 

SEJARAH TERCIPTANYA BULLET JOURNAL

Saya tertarik mencari tahu dibalik terciptanya bullet journal terutama karena ternyata penemunya adalah seorang laik-laki. Bukan, bukan persoalan gender tapi lebih kepada bullet journal yang saya lihat berseliweran di internet dilakukan oleh perempuan dengan pernik dekoratif yang luar biasa cantik. Sampai-sampai saya sempat jiper dan mau mengurungkan keinginan ber-bullet journal.

Ternyata sebegitu menarik alasan dibalik adanya bullet journal ini. Ryder Carroll saat kecil didiagnosa mengidap attention deficit disorder. Kondisi ini menyebabkan dirinya juga kesulitan dalam belajar. Pada masanya kala itu, ia mencoba beberapa metode untuk memudahkan dirinya. Sayang, ia tidak menemukan yang cocok. It didn't work the way my mind work, begitu ungkapnya dalam video Ted Talks yang tayang di Youtube 21 Januari 2017. Hingga akhirnya ia mengembangkan metode bullet journal ini yang ternyata selain berpengaruh untuk dirinya juga telah membantu begitu banyak orang.

Saya embed video Ted Talknya Ryder Carroll. Bagus sekali isinya. Menceritakan perihal membuat pilihan dari banyak pilihan yang ada.

 

 BAGAIMANA MELAKUKAN BULLET JOURNAL

Setelah melakukan beberapa riset mengenai bullet journal dari sumbernya langsung via website dan channel Youtube, alat yang digunakan tidaknya ribet apa lagi mahal. Cukup sebuah buku dan pulpen. 

  • Apakah perlu buku yang mahal? Tidak. 
  • Apakah perlu pulpen yang harganya satuannya diatas seratus ribu? Tidak. 
  • Apakah saya perlu bisa hand lettering? Tidak.
  • Apakah saya harus bisa buat doodle sendiri? Tidak.

Lalu, mengapa yang beredar di Pinterest terlalu rumit bahkan sampai menggunakan alat tulis yang mahal-mahal? 

Dekorasi, hand lettering, doodle adalah bagian tambahan untuk menghias bullet journal kita. Terutama bagi mereka yang memiliki bakat menulis indah dan menggambar. Tentu mereka akan mempercantik tampilan dari bullet journal mereka.

Bagi yang tidak bisa menulis indah dan menggambar, jangan berkecil hati. Kita tetap bisa melakukan bullet journal. Malah, kalau ditonton video youtube dari Ryder Carroll yang berjudul How to Bullet Journal, dia mencontohkan tidak ada dekorasi dalam bullet journal-nya. It can become what ever you needed

Bagian penting dari bullet journal:

  • Index
  • Future Log
  • Monthly Log
  • Daily Log
  • Collection
  • Key


Index

Fungsi index ini sama dengan daftar isi. Ada judul setiap halaman dan nomor halamannya.

Contoh Index

Future Log

Future Log ini berisi 12 kolom untuk menuliskan event/task yang akan datang. Jadi, misalnya saat ini bulan Februari dan kita akan ada event pada bulan Mei, maka tuliskan event tersebut pada future log ini. 

Contoh Future Log

Monthly Log

Dalam penjelasan Ryder Callor, monthly log ini berisi kalender bulan tersebut dan juga segala task, event, kalender dan lainnya pada satu bulan.

Contoh Monthly Log

Daily Log

Bagian ini berisi task, event, to-do list pada satu hari.

Contoh Daily Log


Collection

Nah, ini adalah bagian yang paling customizable. Isinya beragam sesuai dengan kebutuhan. Bisa berisi mood tracker, books to read, kumpulan kutipan, film yang ditonton dan lainnya. Benar-benar tidak ada batasnya. Bisa juga sebagai kumpulan karya bagi yang suka menggambar dan lainnya.

Nah, pada dasarnya seperti itu bullet journal. Tidak rumit dan harus luar biasa dekoratif. Yang terpenting harus sesuai denan kebutuhan kita. Bukan, apa yang sedang tren lalu diikuti. 

Saya akhiri tulisan ini dengan kutipan dari Ryder Carroll mengenai metode bullet journal:

It helps to record the past, organize the present and plan for the future.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages