Misi Ceria Kota Transcity Hotel Mentari

By Serambi Jemma - 22.27


Misi berikutnya yang perlu diselesaikan adalah Misi Ceria. Misi ini merupakan resume dari Panggung Ceria Hotel Mentari yang membahas Makanan Khas dari Sumatera Utara. Yang dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Senin, 21 Desember 2020
Waktu: 20.00 WIB
Via: Facebook Group Transcity

Dengan Host Mba Maria Ulfah dari IP Kalimantan Selatan dan Operator Mba Husnul Khotimah dari IP Sukabumi.

Profil Narasumber

Nama: Nisa Monica
Regional: IP Sumatera Utara
Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga
Rumber: Boga
Kepengurusan: Menkeu RCIP Sumatera Utara
Martikulasi: 7

Mie Kuah Medan / Mie Keling

Makanan khas yang dibahas pada panggung ceria ini adalah Mie Kuah Medan atau yang biasa disebut Mie Keling. Medan yang multi etnis menjadi dasar dari hadirnya Mie Kuah Meda ini di mana mie ini diadopsi dari peranakan India.

Yang khas dari mie ini adalah kuahnya yang berasal dari kaldu kepala udang. Hmm.... berasa ya lezatnya seperti apa. Selain nikmat, Mba Nisa pun mengatakan bahwa membuat mie Keling ini juga salah satu dari aktivitas zero waste. Sebab, kepala udang yang biasanya saat food prep dibuang, kali ini dapat digunakan untuk membuat kaldu Mie Kuah Medan ini.

Buat yang sedang diet, mie ini juga cocok sekali karena tidak menggunakan minyak sama sekali loh dalam pembuatannya. Mie ini juga kaya dengan kandungan gizi. Ada kentang dan mie sebagai karbohidrat. Tahu sebagai protein nabati. Protein hewaninya terdapat dalam udang dan telur. Serta tauge sebagai sayurannya. Lengkap sekali ya.

Apa saja sih yang terdapat dalam semangkuk Mie Kuah Medan ini?

Ada mie kuning, tahu rebus, telur rebus, kentang rebus dan tauge. Untuk bumbuna cukup bawang merah, bawang putih dan kemiri. Ditambah dengan rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, daun salam dan bunga lawan. Terakhir, gula merah.  


Andaliman

Wah, apa nih? Saya juga baru tahu. Jadi, ada satu wisatawan yang bertanya apakah setiap makanan dari Sumatera Utara itu menggunakan Andaliman. Ternyata tidak semua. Andaliman itu sendiri merupakan lada khas dari Sumatera Utara yang rasanya lebih getir dari lada biasanya. 

Nah, sekian untuk Misi Ceria kali ini. Sampai jumpa pada misi berikutnya.







  • Share:

You Might Also Like

0 Comments