Journal Prompt for Depression: Prompt 2

Prompt 2: On my worst days, I want to remember that.....

Biasanya, saat sudah mulai putus asa. Kala bosan dengan rutinitas yang ada atau karena kenyataan tidak sesuai ekspektasi, saya akan melalukan selftalk dan berkata: No matter what happens, remember you are worth it.

Setelah melakukannya, proses pemulihan akan berlangsung cepat. Otak yang tadinya mandek juga otomatis terpacu untuk bergerak dinamis menyeimbangkan gejolak bahagia yang timbul. Bisa dengan mudah melalukan hal ini dan mengembalikan energi positif dengan singkat memerlukan waktu yang lama dan pengalaman-pengalaman yang sedikit menyisakan trauma. 

Saya bukanlah orang yang mudah berbagi kisah pribadi kepada orang lain. Termasuk kepada orang tua dan adik-adik saya. Bahkan, dibilang punya sahabat pun saat ini tidak ada. Sehingga, on my worst day, saya tidak mencari orang lain untuk membantu. Saya cenderung menyendiri. Mencoba menelaah apa yang terjadi. Hingga, perlahan menemukan titik terang.

Melewati hari-hari yang berat sendirian itu sulit. Tidak sedikit jalan buntu yang ditemui. Akan tetapi, dari kebiasaan ini saya terlatih melihat sesuatu secara utuh dan sistematis. Walaupun masih harus terus diperdalam skill ini. Menariknya, kebiasaan ini seakan sejalan dengan kemampuan saua dalam memahami sesuatu dengan cepat. Misal, seseorang menjelaskan fungsi A dari suatu barang dengan sendirinya saya mampu memahami fungsi B, C, D dan lainnya.

Kemampuan itulah yang menjadi pengendali saat saya mengalami hari yang buruk. Saya akan menanyakan mengapa ini terjadi, apa hikmahnya dan apa yang sesungguhnya ingin Allah sampaikan kepada saya. Hal ini tentu akan sangat berbeda bagi teman-teman yang ekstrovert. Di mana, pemulihan energinya perlu keberadaan orang lain. 

Sebagai introvert, memastikan orang lain tidak terlibat dalam melewati hari yang buruk. 100% harapan yang muncul adalah orang lain tidak ada yang tahu dan saya dapat kembali menemuo mereka dengan kebahagiaan semula. Intinya, on my worst day, saya hanya butuh diri saya sendirian, merenung, melihat kembali apa yang terjadi, mengevaluasi dan menyusun kembali rencana untuk hari-hari berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages